Perbedaan Brown Sugar dan Palm Sugar yang Mendasar

Gula digunakan untuk memberikan rasa manis ataupun gurih pada setiap masakan. Terdapat macam-macam jenis gula yang dapat digunakan untuk memasak. Selain gula pasir, terdapat juga brown sugar dan palm sugar. Walaupun sama-sama gula namun dapat mempengaruhi cita ras yang dihasilkan. Karenanya kamu wajib tahu perbedaan diantaranya.

 

  • Brown sugar

 

Brown sugar terbuat dari gula tebu yang dihasilkan molases. Penambahan molases membuat gula menjadi berwarna kecoklatan, bertekstur lembab dan memiliki aroma khas karamel/toffee. Molases merupakan tetes tebu yaitu hasil pengolahan gula tebu yang sudah tidak dapat dikristalkan lagi. Molases masih mengandung material gula dan non gula, berbentuk cairan berwarna coklat dengan kandungan sukrosa yang cukup tinggi yaitu sekitar 48%-55%.

 

Brown sugar terdiri dari dua jenis, yaitu light brown sugar dan dark brown sugar. Pembagian kelompok ini tergantung pada banyaknya kandungan molase di dalam gula. Light brown sugar adalah standar brown sugar yang paling umum digunakan pada resep makanan. Kandungan karamel yang khas, sangat cocok digunakan untuk berbagai macam produk bakery, cake dan minuman. Sementara dark brown sugar memiliki warna yang lebih pekat dan rasa yang lebih kuat. Pengguna dark brown sugar cocok untuk saus barbeque, puding dan kue berwarna gelap seperti ginger cookies.

 

  • Palm Sugar

 

Palm sugar adalah gula yang berasal dari nira air sadapan batang pohon palem-paleman. Jenis palem-paleman tersebut diantaranya adalah aren, kelapa dan siwalan. Nura yang telah terkumpul kemudian direbus hingga mendidih dan mengental, lalu diamkan sampai dingin dan mengeras. Semakin lama nira dimasak maka warna yang dihasilkan akan semakin pekat dan rasanya akan semakin kaya. Palm sugar memiliki tekstur cenderung kering dan berbutir agak kasar.

Bentuk-bentuk dari palm sugar adalah serbuk (gula semut), cair/sirup, dan ada juga yang padat/blok.

 

Palm sugar terutama yang terbuat dari nira kelapa (coconut sugar) mengandung vitamin dan mineral serta memiliki indeks glikemik lebih rendah dibandingkan gula tebu. Hal inilah yang menjadikan alternatif pilihan yang lebih sehat untuk dikonsumsi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.