Langkah dan Cara Mengirim Barang Ke Luar Negeri

Saat Anda berencana untuk mengirim barang ke luar negeri, seperti contohnya pengiriman paket ke Belanda, maka disini terdapat dua jalur yang bisa Anda pilih. Jalur-jalur tersebut antara lain yaitu jalur udara dan jalur laut.

Sementara untuk pengiriman barang ke negara lain menggunakan jalur laut umumnya dipakai untuk mengirim barang – barang dalam jumlah yang besar.  Nantinya akan terdapat minimal kubikasi yang sebagian besar via ekspedisi tetapkan untuk mengirim kurang dari satu kontainer, biaya kirim lebih murah, waktu kirim lebih lama, serta tidak bisa kirim retail atau secara kiloan

Sedangkan untuk pengiriman melalui jalur udara yaitu menggunakan pesawat dapat dipakai untuk mengirim barang yang beratnya ringan maupun berat. Selain itu, waktu juga jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan jalur laut, bisa kirim retail sekalipun berat kurang dari 1 kg, biaya jauh lebih mahal daripada Anda mengirim menggunakan jalur laut, serta prosedur lebih mudah. Lalu untuk cara mengirim barang ke luar negeri sendiri berikut akan diulas Lebih detail lagi.

Bagaimana Cara yang Dapat Dilakukan untuk Kirim Barang Ke Luar Negeri ?

 

Bagi Anda yang belum pernah melakukan pengiriman barang ke luar negeri, tentunya ini merupakan kegiatan yang mungkin cukup membingungkan. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena di bawah ini akan diberikan langkah – langkah mudah mengenai bagaimana cara untuk mengirim barang ke luar negeri. Simak di bawah ini, antara lain yaitu :

  1. Hal pertama yang harus dilakukan di sini yaitu pastikan barang yang ingin Anda kirimi bukanlah merupakan barang – barang yang berbahaya ataupun terlarang, seperti contohnya senjata tajam, narkoba, senjata api, zat kimia yang berbahaya dan lain sebagainya.
  2. Mencari jasa pengiriman barang luar negeri yang dapat mengirim dengan aman dan terpercaya. Anda perlu untuk memilih jasa ekspedisi yang benar-benar berpengalaman agar nantinya Anda tidak kecewa.
  3. Konsultasikan mengenai barang yang nantinya hendak Anda kirim. Anda perlu menjelaskan tujuan pengiriman barang, nilai barang, negara tujuan serta berapa lama waktu pengiriman dan hal – hal lain terkait mengenai barang atau paket tersebut.
  4. Tanyakan secara mendetail berapa tarif atau ongkos pengiriman paket Anda tersebut ke pihak ekspedisi.
  5. Langkah berikutnya yang perlu dilakukan yaitu Anda packing paket seaman mungkin. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya kerusakan selama proses kirim, mengingat tempat tujuan cukup jauh.
  6. Serahkan paker Anda ke pihak ekspedisi. Beberapa jasa kirim memberikan layanan jemput paket, sehingga di sini Anda tidak perlu capek – capek menuju kantor ekspedisi.
  7. Mintalah nomor resi pengiriman paket Anda agar mudah memantau paket dan melacak kiriman paket Anda.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.