Ini yang Harus Dilakukan Saat Tubuh Meriang

Tubuh manusia tak sekuat besi tapi juga tak serapuh kaca. Saat infeksi dari parasit, virus, atau jamur menyerang, tubuh yang imunitasnya rendah akan menjadi lebih gampang sakit. Salah satu gejalanya adalah meriang dengan suhu di atas 38o Celcius yang bisa diketahui dengan menggunakan alat termometer.

 

Cobalah Tips ini pada saat Meriang

Meriang membuat Anda merasa tidak nyaman juga produktif.  Agar meriang lekas sembuh dan tidak bertahan lama, ikuti beberapa tips menarik di bawah ini:

1. Redakan dengan Kompres Hangat

Banyak orang bertanya-tanya tentang suhu air kompres demam yang benar. Berdasarkan pantauan kami di berbagai sumber, air suam-suam kuku merupakan suhu air kompres demam yang paling tepat bukannya air dingin atau air es.

Kompres menggunakan kain dingin justru membuat demam semakin parah. Penting bagi Anda untuk memastikan suhu kain kompres dan air di baskom tetap hangat. Cara ini memang merepotkan namun membantu tubuh Anda menjadi lebih nyaman.

2. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Meriang membuat tubuh Anda tidak nyaman termasuk mengubah lidah menjadi pahit, kondisi ini sangat wajar tapi bukan berarti Anda menolak makanan. Buat makanan bergizi seimbang bila memungkinkan yang kaya anti-inflamasi seperti sup ayam.

Konsumsi sup ayam tidak hanya membantu meringankan meriang tapi juga membuat tubuh lebih hangat. Anda juga tidak perlu khawatir tubuh dehidrasi karena kuah sup ayam cukup melimpah.

3. Tidur yang Cukup

Satu hari saja tidak menjadi penggila kerja rasanya tidak masalah. Anda bisa fokus mengobati meriang hingga benar-benar sembuh untuk kemudian produktif di hari-hari selanjutnya. Tidur membantu mengembalikan kekuatan tubuh menjadi sehat seperti sediakala.

Anda yang suka begadang sebaiknya mengurangi kebiasaan tersebut apalagi jika sedang sakit. Istirahat secukupnya dan bila memungkinkan tambah jam istirahat dengan tidur siang.

4. Minum Air Putih

Ketika meriang, tubuh kekurangan banyak cairan dari produksi keringat yang berlebih. Cara termudah mengembalikan cairan tubuh adalah minum air putih.  Tidak hanya bagus menghidrasi tubuh, air putih juga membantu pemulihan.

Bosan minum air putih karena kebiasaan minum kopi atau minum minuman manis? Anda bisa mencegah dehidrasi dengan minum jus buah seperti jus jeruk atau jus stroberi.

5. Cek Suhu Tubuh dan Minum Obat

Tips terakhir adalah mengecek suhu tubuh secara berlaka guna memastikan meriang Anda sudah sembuh. Saat tubuh masih demam, minumlah obat sesuai resep dari dokter. Hindari mengkonsumsi obat tanpa anjuran dari dokter apalagi jika Anda memiliki riwayat pengobatan khusus.

Mengkonsumsi obat tanpa resep yang benar bisa sangat membahayakan kesehatan. Jika tubuh tidak cocok bukannya mengobati justru memicu penyakit baru.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan ketika meriang dan semuanya bisa dicoba di rumah. Contohnya cek suhu tubuh dengan termometer Omron, seperti  termometer Dahi MC-720 Omron yang bisa Anda temukan pada link berikut https://www.omronhealthcare-ap.com/id/product/267-mc-720/. Alat ini mampu mengecek suhu tubuh dengan cepat dan akurat, produknya juga sudah digital sehingga mudah digunakan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.