Fenomena Hujan Es di Desa Tista Buleleng, Perbekel Belum Menerima Laporan Kerusakan

Fenomena hujan es terjadi di Desa Tista, Kecamatan Busungbiu, Buleleng, Minggu (22/11/2020) siang. Fenomena yang terjadi selama kurang lebih satu jam ini membuat warga sekitar heboh hingga viral di sosial media. Perbekel Desa Tista, I Gede Marjaya mengatakan, hujan es ini terjadi sekitar pukul 12.30 Wita.

Es seukuran biji jagung itu jatuh bersamaan dengan hujan dan angin kencang. Fenomena ini pun diakui Marjaya rata terjadi di seluruh Desa Tista, yang memiliki tiga banjar dinas, yakni Banjar Dinas Munduk Mengenu, Banjar Dinas Munduk Tengah, dan Banjar Dinas Tista. Fenomena hujan es ini diakui Marjaya bukan kali pertama terjadi di Desa Tista.

Saat musim musim hujan tiba, fenomena tersebut kerap terjadi di desa tersebut. Desa Tista sendiri berada di dataran tinggi, dengan ketinggian 700 meter diatas permukaan laut. "Hujan es ini sudah beberapa kali terjadi. Namun untuk tahun ini, baru kali pertama terjadi. Fenomena ini mungkin terjadi karena desa kami berada di dataran tinggi," ucapnya.

Disinggung terkait kerusakan yang terjadi akibat hujan es ini, Marjaya mengaku belum mendapatkan laporan dari warga. "Ukuran esnya kecil kecil, jadi astungkara tidak sampai menimbulkan kerusakan. Sejauh ini juga belum ada laporan dari warga apakah ada rumah yang rusak akibat fenomena ini," ujarnya. Sementara Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng, Ida Bagus Suadnyana mengatakan, fenomena hujan es ini hal yang biasa terjadi.

Apabila suhu berubah menjadi sangat dingin, hingga akhirnya terjadi pembentukan awan secara konvektif dan mengandung es. Saat hujan turun, butiran es itu pun akan ikut jatuh ke permukaan bumi. "Saya belum dapat informasi juga apakah ada atap rumah warga yang rusak akibat fenomena ini. Beberapa hari yang lalu fenomena ini juga terjadi di wilayah Badung, karena perubahan suhu yang menjadi agak dingin," kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.