60 Persen Industri Nasional Terpusat di Jawa Barat, Swasembada Pangan Pun Digenjot

Pandemi virus corona (Covid 19) turut menyadarkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) terkait pentingnya swasembada pangan demi mengatasi krisis. Kepala Biro Perdagangan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar mengatakan pandemi Covid 19 mendorong Pemprov dan masyarakat Jawa Barat untuk bisa mandiri dalam memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, swasembada pangan dan hortikultura diperlukan untuk mengembalikan geliat ekonomi provinsi ini.

"Munculnya semangat swasembada, di tengah pandemi ini kita disadarkan untuk bisa memenuhi kebutuhan sendiri," ujar Benny, dalam agenda virtual 'Market Outlook 2021: Economic Trends During Pandemic', Kamis (17/12/2020). Benny menyebut, selama ini 60 persen industri di tanah air terpusat di Jawa Barat. Sehingga tentunya jika provinsi tersebut sukses swasembada, maka akan menjadi hal yang sangat menguntungkan.

Karena komoditas yang telah swasembada ini tentunya bisa mendukung kebutuhan industri di Jawa Barat yang didominasi produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). "Dengan 60 persen industri Indonesia ada di Jawa Barat, harusnya lebih mudah bagi Jawa Barat untuk bisa memanfaatkan potensi ini," tegas Benny.

Leave a Reply

Your email address will not be published.