5 Penyebab Aki Soak dan Cara Mengatasinya

 

Aki merupakan salah satu komponen penting yang terdapat pada kendaraan bermotor. Fungsinya adalah menyuplai aliran listrik yang dibutuhkan untuk operasional kendaraan. Aki soak dapat mengakibatkan kendaraan tidak bisa beroperasi sebagaimana mestinya.

 

Umumnya, kendaraan akan sulit dinyalakan jika akinya bermasalah. Untuk mengantisipasi terjadinya hal ini, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal yang dapat menyebabkan masalah aki mobil.

 

5 Hal yang Dapat Mengakibatkan Aki Soak dan Cara Mengatasinya

Kendaraan lama tidak dioperasikan

Meskipun kendaraan sedang tidak dinyalakan, beberapa komponennya tetap membutuhkan asupan listrik. Itulah sebabnya, tegangan yang tersimpan dalam aki tetap akan menyusut meski mesin kendaraan dalam kondisi mati.

 

Untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya Anda tetap rutin menyalakan mesin kendaraan meski tidak hendak mengendarainya untuk mengisi ulang daya aki.

 

Aksesoris kendaraan yang dipasang terlalu banyak

Penambahan aksesoris seperti lampu, audio dan sebagainya memang akan membuat mobil bertambah menarik dan menyenangkan untuk dikendarai. Namun, perlu diingat pula bahwa keberadaan aksesoris itu akan menambah jumlah konsumsi listrik.

 

Agar aki tidak kewalahan memenuhi kebutuhan listrik tambahan itu, sebaiknya Anda tidak memasang aksesoris kendaraan secara berlebihan.

 

 

 

 

Kesalahan penggunaan

Ada beberapa kebiasaan yang sering tidak disadari dapat menimbulkan masalah aki mobil. Contohnya menggunakan AC secara berlebihan atau membiarkan posisi audio tetap dalam posisi ON meski mesin untuk dimatikan.

 

Gunakanlah kendaraan Anda dengan baik dan bijaksana agar kondisinya selalu terpelihara.

 

Terdapat kerusakan pada alternator

Alternator merupakan komponen yang memungkinkan aki untuk memperoleh asupan arus listrik selagi mesin dinyalakan. Kerusakan pada alternator akan menyebabkan aki tidak bisa mengisi ulang daya.

 

Untuk memeriksa kondisi alternator, Anda dapat menggunakan voltmeter, obeng atau kunci pas. Jika tegangannya kurang dari 13 volt dan tidak ditemukan adanya gaya magnet, berarti alternator tersebut rusak. Anda bisa menggantinya di bengkel terpercaya.

 

Aki sudah dipakai terlalu lama

Umur pakai aki rata-rata dua sampai lima tahun. Apabila lebih dari itu, Anda perlu bersiap untuk menggantinya dengan yang baru.

 

Aki soak dapat mengakibatkankan kendaraan tidak bisa beroperasi seperti seharusnya. Lakukanlah perawatan serta pemeriksaan rutin agar kondisi komponen itu dapat lebih terjaga.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.